Mengapa Pengembangan Diri Itu Penting? Ini Alasannya

Pengembangan diri merupakan perwujudan dari realisasi diri, proses pencapaian yang terbaik dalam hal potensi dankemampuan yang tersedia untuknya. Fase pengembangan diri sebenarnya adalah tujuan yangdiharapkan dari prosespengenalan diri. Dalam pengembangan diri merupakan sebuah proses pertumbuhan yang terjadi secara terus menerus,berkembang dan selalu dalam stabilitas hati untuk perbaikan, memaksimalkan potensi dan upaya dalam meminimalkankekurangan yang ada.

Pengembangan diri juga merupakan upaya individu untuk memenuhi kebutuhan realisasi diri. Kebutuhan realisasi dirisendiri merupakan kebutuhan tertinggi / tertinggi (meta needs) di antara kebutuhan manusia, menurut versi AbrahamMaslow. Kebutuhan berikut ini adalah kebutuhan fisiologis (dasar) (kebutuhan fisiologis), kebutuhan akan keselamatan(kebutuhan akan keamanan), kebutuhan akan cinta (kebutuhan akan cinta dan kepemilikan) dan kebutuhan akan hargadiri.Sedangkan versi Mc Clelland, pengembangan diri dapat dikategorikan dalam upaya untuk memuaskan kebutuhan akanpencapaian (dikenal sebagai Ach-perlu untuk mencapai). Keberhasilan di sini didefinisikan secara luas dan tidak terbataspada lingkup akademik (seperti nilai, indeks keberhasilan),tetapi juga mencakup prestasi dalam bentuk lain yangmemberikan kontribusi positif bagi individu yang bersangkutan dan masyarakat luas.

Dengan kata lain, orang yang terus berkembang akan selalu termotivasi oleh keinginan mereka untuk menghasilkanprestasibaru. Dengan demikian, individu selalu berada dalam posisi aktualisasi diri yang tidak hanya menjadi atau tidakmenjadi, tetapi menjadi atau tidak nyaman. Dalam memuaskan kebutuhan realisasi diri, keberadaan manusia tidak pernahmenjadi kondisi permanen,tetapi telah menjadi sesuatu yang terus berkembang.

Tidak ada jalan pintas untuk proses pengembangan diri

Bayangkan bahwa Anda baru saja kehilangan orang terdekat, pasti ada perasaan sedih di hati Anda. Mungkin Anda akanmenitikkan air mata, lalu orang-orang datang bertepuk tangan. Atau melakukan semua yang Anda nikmati, mendengarkanmusik, pergi keluar bersama teman-teman, makan enak. Pronto! Dalam sekejap, Anda tersenyum lagi. Ini disebutperbaikan cepat. Tetapi kesedihan ini tidak pernah benar-benar menjadi bagian, kecuali jika Anda menemukan cara untuk berdamai dengannya.

Solusi cepat, tentu saja, berguna dalam banyak hal. Tetapi ini hanya bisa menjadi solusi sementara, sehingga situasi Andatidak runtuh sampai Anda menemukan solusi jangka panjang yang efektif.

Pengembangan diri juga seperti itu. Perlu proses, komitmen dan disiplin diri. Tidak ada jalan pintas dalam upayapengembangan diri (atau banyak hal baik lainnya dalam hidup). Jalan peningkatan diri adalah upaya berkelanjutan.

Tentu saja, sudah menjadi sifat manusia untuk selalu menemukan cara tercepat dan termudah untuk mendapatkan apayang Anda inginkan. Kita dapat mencoba membaca buku, menonton DVD, atau bahkan mengambil bagian dalam programpengembangan pribadi, dan kemudian berharap mereka dapat mengubah kita dalam sekejap. Lagi pula, jika mungkindengan sedikit usaha, itu tidak harus menjadi proses yang lama, dan itu sulit! Meskipun kita menyadari bahwa berpikir itusangat tidak realistis.

Berikut ini mengapa memilih jalan pintas adalah kesalahan fatal.

Jalan pintas akan berbalik melawan diri anda

Ambil contoh kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, meskipun banyak penelitian kesehatan telah dipublikasikan tentang bahaya penurunan berat badan yang cepat, banyak orang masih melakukannya.

Meskipun kita tahu bahwa diet super ketat atau pil penurun berat badan akan menyebabkan Anda kehilangan massa ototdan membahayakan jantung dan organ vital lainnya. Daripada menunggu keajaiban semalam (perbaikan cepat), memilihuntuk makan makanan bergizi dan berolahraga teratur adalah cara realistis untuk mendapatkan berat badan ideal Anda.

Berapa kali kita berjanji untuk berubah dengan antusias sesaat hanya untuk melihat janji ini dipegang oleh diri kita sendiri?Terlalu sering Ini bukan bukti mudah untuk tetap fokusdan terlibat. Jika kita menyadari bahwa ini akan membutuhkanwaktu, kerja keras dan dedikasi, kita akan menghemat banyak waktu dan kecewa dengan kegagalan.

Pengembangan pribadi: Berbeda dengan hukum biologis dan psikologis

Kebiasaan mengacu pada hal-hal yang kita lakukan setiap hari tanpa harus memikirkannya. Terjadi secara otomatis.Homeostasis adalah istilah yang digunakan dalam konteks biologi untuk menjelaskan fungsi pengaturan yang membuatsuatu organisme stabil. Misalnya, bahkan jika suhu luar menurunatau meningkat secara signifikan, suhu tubuh kita tetapstabil.

Homeostasis psikologis adalah prinsip yang sama dalam hal ini. Itu sebabnya sangat sulit untuk mengubah kebiasaan.Kebiasaan dan homeostasis adalah mekanisme yang Anda butuhkan untuk mengubahgaya hidup Anda sehinggaperubahan dapat memiliki dampak permanen.

Berikan waktu untuk menjawab

Itu tidak berarti Anda tidak melakukan apa-apa dan Anda meninggalkan segalanya. Artinya, prosesnya membutuhkanwaktu. Anda selalu dapat memiliki kontrol denganmenetapkan tenggat waktu.

Sekarang, untuk mengubah kebiasaan atau menerapkan kebiasaan baru, dibutuhkan setidaknya 21 hari upayaberkelanjutan. Jadi, Anda setidaknya harus menerapkan kebiasaan baru ke kebiasaan biasa dengan mempraktikkannyaterus menerusselama 21 hingga 35 hari. Formula itu bukan solusi ajaib yang bisa mengubah kebiasaan.

5 Keuntungan pengembangan pribadi untuk kesuksesan

1. Anda sadar akan kelemahan yang dimiliki

Kebanyakan orang sering tidak menyadari kelemahan dan kekurangan mereka. Ini tidak akan terjadi jika Anda berusahakeras untuk meningkatkan diri dalam pengembangan pribadi Anda.

Orang-orang yang menyadari kelemahan mereka akan berusaha untuk meningkatkan dan menjadi lebih baik dan lebihmaju dari sebelumnya. Ini lebih baik daripada berpikir Anda yang terbaik dan tidak mau belajar lagi.

2. Anda akan tahu lebih banyak

Dengan mengenal diri sendiri, Anda akan tahu segalanya yang bisa membuat Anda bahagia. Kebahagiaan di sini melibatkanbanyak hal penting seperti hubungan, kondisi hidup Anda dan kondisi kerja yang dapat membuat Anda bahagia.

Jika ini terkait dengan kondisi pekerjaan yang dilakukan, banyak orang terus melakukan pekerjaan yang sama dan tidakpuas. Ketidakpuasan di tempat kerja mungkin karena upah yang tidak memadai dan pekerjaan yang tidak berkembang daritahun ke tahun.

3. Karier dan kehidupan terbaik

Ketika Anda menjadi orang dengan keterampilan dan kemampuan yang lebih baik, itu berarti peluang Anda untukkehidupan yang lebih baik akan lebih besar dan lebih baik untukperkembangan pribadi Anda.

Dengan keterampilan yang lebih baik, Anda akan memiliki potensi untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dan potensipenghasilan yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

Hal di atas tentu saja akan mempengaruhi kehidupan yang lebih baik dan masa depan yang lebih baik untuk Anda dankeluarga Anda.

4. Anda memiliki faktor “X” untuk tumbuh dan sukses di masa depan

Dalam proses pengembangan pribadi, faktor “X” adalah ekspresi yang digunakan untuk menggambarkan sifat-sifat yangdimiliki seseorang dan dapat melampaui bakat. Faktor ini dapat menarik banyak orang untuk anda.

Dengan perkembangan sifat dan kepribadian yang ada di dalam diri Anda, akan ada lebih banyak orang yang ingin beradadi sekitar Anda. Tentu saja, ini akan sangat mempengaruhi kesuksesan masa depan Anda dan pengembangan pribadi Anda.

5. Hubungan yang lebih baik dengan orang lain

Pengembangan diri bukan hanya tentang keterampilan dan pendidikan formal. Anda juga dapat belajar meningkatkansikap dan kepribadian Anda agar menjadi orang yang lebih baik untuk berurusan dengan orang lain.

Ketika kepribadian Anda membaik, tentu saja akan memengaruhi hubungan Anda dengan orang lain dan perkembanganpribadi Anda.