Kenapa Harus Bisa Public Speaking?

Kenapa harus bisa public speaking?- Public speaking bukan lagi kemampuan yang harus dimiliki oleh MC (Master of Ceremony), penyiar, atu anchor saja. Saat ini kemampuan public speaking sudah harus dimiliki oleh setiap orang, perkembangan zaman yang sangat pesat menjadi tuntutan tersendiri dalam hal ini. Abad 21 ini dimana kesuksesan bergantung pada komunikasi. Lebih detail lagi dengan gaya bahasa, mengedepankan attitude, dimana penilaian seeorang 70% dilihat dari penampilan luar atau pandangan umum.

Taukah kamu? Penampilan luar saat ini yang di maksud bukan hanya gaya pakaian atau make up kamu saja ya, tetapi juga gaya bicara kamu. Gaya bicara seolah menjadi satu point penting saat ini, itu alasannya kamu wajib bisa public speaking. PS (public speaking) juga sering digunakan oleh pedagang,  guru, dan para sales dagangan.

Apa itu public speaking?

Public speaking sudah tidak asing lagi ditelingan kita, public speaking merupakan satu kemampuan berbicara didepan khalayak umum. Public speaking penting di pelajari oleh kamu yang akan terjun ke dunia broadcast, seperti: da’i, da’iyah, reporter, peyiar radio, anchor TV, dan lain sebagainya. Public speaking erat kaitannya dengan retorika. Retorika adalah teknik atau ilmu yang mempelajari tentang tata cara berbicara, baik berbicara dengan personal ataupun public.

Pentingnya public speaking

Seberapa pentingnya sih public speaking?. Khususnya buat kamu para mahasiswa kemampuan public spesking tentu sangat dibutuhkan bukan? Terlebih dalam proses presentasi di kelas. Public speaking saat ini bukan hanya menjadi kebutuhan untuk profesi kita saja, tetapi mampu berpublic speaking bisa menjadi profesi bagi kita. Tidak percaya? Faktanya itulah yang terjadi. Tidak semua orang memiliki skill public speaking, seseorang degan skill public speaking saat ini sangat banyak yang membutuhkan karena itulah banyak orang mulai mempelajari public speaking.

Public speaking tidak cukup dengan memiliki skill saja. Public speaking juga di bangun dari niat, kegigihan, dan jam terbang. Jangan takut bagi kamu yang belum bisa public speaking dengan baik, karena pengalaman setiap saatnya harus menjadi guru terbaik buatmu dan bisa jadi kamu lebih memahami ilmu public speaking dari bagaimana kamu di lapangan dan bukan hanya teori saja.

5 hal yang wajib dilakukan

Beberapa tips ini bisa sekali buat kamu sukses buat public speaking, yaitu:

  1. Know your subject and your speech, mengetahui dan memahami subject kita saat public speaking dengan baik dan seksama. Setelah itu kuasai juga speech atau pidatomu. Kegagalan pidato kebanyakan disebabkan karena speakernya tidak meguasai pidatonya dan lebih memilih menghafal text pidato dan bukan memahaminya dan berimprovisasi.
  2. Know your audience and your place, dengan mengetahui audiens anda bisa menata gaya bahasa anda dengan gaya yang lebih nyaman. Misal audiens anda adalah mahasiswa dan dosen bertempat di kampus, maka bahasa yang anda gunakan adalah bahasa formal dan ilmiah. Serta cara penyampaian biasanya di dengan gaya santai tetapi berkelas. Materi yang disampaikan juga harus jelas sumbernya, misalnya: buku, riset, atau jurnal.
  3. Never apologize, saat kamu di depan audiens atur mindset anda bahwa anda adalah superstar, bukan orang lain. Anda adalah yang paling baik saat di depan. Kedua jurus tersebut berdampak pada meningkatnya rasa tanggung jawab anda untuk tampil maksimal dan persiapan matang. Selain itu, mindset tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri anda di depan audiens, sehingga jika anda melakukan kesalahan anda bisa bersikap atau berimprovisasi seolah tidak terjadi apa-apa.
  4. Imagine yourself giving a great speech, membayangkan kamu menyampaikan pidato dengan sangat baik adalah hal yang sangat bagus. Bayangkan anda berpidato engan ekspresi terbaik kamu, dengan intrumen dan vocal yang mantap, dan tanpa ada kesalahan. Membayangkan adalah satu bentuk memberi keyakinan pada diri secara maksimal, dan menjadi satu senjata utama yaitu terbentuk mindset. Kamu tau? Mindset bisa diartikan sebagai doa atau harapan kita, maka apapun hal yang anda lakukan berfikirlah positif.
  5. Focus on your message, not on yourself, public speaking atau berpidato bukan hanya sekadar menyampaikan A, B, C, dll. Tetapi dengan memberi nilai moral yang kuat dan penjelasan tidak berbelit-belit bisa memudahkan anda menyampaikan informasi atau pesan yang terdapat pada pidato anda.

Bagi pemula, bukan hal yang mustahil jika di penampilan pertamamu kamu ingin beraksi yang luar biasa sekalipun belum memiliki jam terbang yang tinggi. tips ini juga bisa anda gunakan untuk anda yang berusaha mengurangi demam panggung. Anda bisa cek beberapa cara berikut ini:

  • Lakukan latihan didepan kaca besar, dan perhatikan dengan seksama kekurangan anda dari ekspresi, gaya tubuh, dan gerak tangan.
  • Latihan juga dapat memanfaatkan fitur rekaman pada telepon genggam sehingga dapat dengan mudah dievaluasi.
  • Latihan vocal, mulai atur suaramu. Lakukan penekanan pada kata-kata yang penting. Perhatikan dinamika kata-kata pada pidatomu.
  • Siapkan pakaian senyaman mungkin dan pastikan anda sangat percaya diri untuk di depan saat memakainya.
  • Mainkan kontak mata dengan audiens. Jangan lihat matanya, karena ditakutkan merubah fokus anda. Lihat saja dahi audiens anda seolah-olah anda berkontak mata dengannya.
  • Lakukan gerakan tangan untuk improvisasi secukupnya saja.
  • Pastikan jangan hanya berdiri di satu tempat, usahakan berpindah-pindah tapi jangan terlalu banyak atau terlalu sering.

Beberapa tips di atas bisa menjadi referensi bagi anda sebelum tampil di depan umum. Selamat mencoba public speaking, persiapaan yang maksimal  pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal juga.

Manfaat public speaking

Bicara manfaat, public speaking tentu memberi banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Baik secara langsung dan bagi masa depan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya:

  • Melatih kontrol diri anda saat melakukan komunikasi verbal. Kemamapuan ini tidak banyak dimiliki oleh banyak orang, maka latih terus gaya public speakingmu untuk hasil yang maksimal.
  • Meningkatkan nilai tambah pada diri anda. Seperti anda melihat kehebatan seorang pembicara atau narasumber, seperti itulah anda akan melihat nilai diri anda bertambah.
  • Menambah rasa percaya diri. Untuk menambah rasa percaya diri harus dipraktekkan secara teru-nemerus.
  • Menambah pengetahuan tentang public speaking. Banyak orang yang pandai berbicara di depan umum, tapi banyak juga diantara mereka yang tidak mengetahui ilmunya.
  • Melatih anda berfikir cepat.
  • Menguasai teknik komunikasi verbal
  • Menjadi pembicara yang hebat dan berkarakter.

Jadi sudah tau kan jawabanya kenapa anda harus bisa public speaking?. Semoga bermanfaat dan terimakasih.